Apakah Ada Obat Alergi untuk Ibu Hamil?

0

Masa kehamilan adalah masa yang indah untuk seorang ibu, namun seiring dengan perubahan hormon yang terjadi selama masa kehamilan risiko gangguan kesehatan pun sering dialami, seperti alergi kulit yang umumnya terjadi. Lalu adakah obat alergi untuk ibu hamil? Walaupun sudah ada obat alergi yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil, sekali lagi, konsumsi obat apapun adalah pilihan terakhir dan wajib berkonsultasi dengan ahlinya. Sebelum membahas lebih lanjut tentang apa obatnya, ada baiknya mengetahui lebih dulu beberapa hal berikut. Mengacu pada data yang dirilis WHO, setidaknya 90 persen ibu hamil mengonsumsi obat obatan, baik dalam konteks obat yang diresepkan, obat bebas, atau obat terlarang. Dari seluruh angka kelahiran yang mengalami kelainan, setidaknya terdapat 3% kelainan yang dipicu oleh konsumsi obat obatan ini.

Bukan angka yang besar? Namun untuk kelahiran hal ini tetap harus jadi perhatian untuk ibu hamil. Memang tidak semua obat akan membawa pengaruh buruk, tapi beberapa obat yang dikategorikan teratogen (zat yang jika dikonsumsi ibu hamil dapat memicu kelainan bawaan) dan harus diwaspadai. Pengaruh obat pada janin bisa dilihat pada tiga poin berikut ini.

Kunci Jawaban IPS Kelas 4 SD Kurikulum Merdeka, Soal PAT Bab 3 Kegiatan Ekonomi Renungan Harian Kristen Matius 27:32 56, Yesus Kristus adalah Solusi Renungan Harian Kristen, Matius 27:57 66 Wartakan Kristus yang Bangkit!

Renungan Harian Kristen Matius 27:1 10, Menyesal dan Bertobat Pilgub NTT, Masyarakat Adat Mutis Deklarasi Dukung Ansy Lema Calon Gubernur Renungan Harian Kristen, Matius 15:21 28, Melangkah dengan Percaya

Renungan Harian Kristen Matius 27:11 31, Waspada Terhadap Dosa Renungan Harian Kristen Matius 6:34, Jangan Khawatir Mengenai obat alergi untuk ibu hamil sendiri kamu tidak perlu cemas. Beberapa jenis obat alergi secara uji klinis terbukti aman untuk dikonsumsi ibu hamil, dalam membantu memblokir produksi histamin yang memicu gejala alergi.

Salah satu jenis kandungan obat yang aman adalah dari golongan . Obat ini sudah teruji klinis aman dikonsumsi ibu hamil yang mengalami alergi, dan membantu meringankan gejala alergi yang muncul. Meski demikian sangat direkomendasikan untuk mengonsumsi obat ini dengan pengawasan dokter, atau berdasarkan rekomendasi dari dokter yang kamu percayai. Lebih baik mencegah daripada mengatasi, hal ini juga berlaku untuk alergi pada ibu hamil. Beberapa langkah sederhana bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya gejala alergi, sehingga bahkan kamu tidak memerlukan obat. Beberapa langkah ini antara lain adalah sebagai berikut.

Semua upaya bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya alergi. Tapi risikonya akan tetap ada, sehingga kamu juga wajib paham cara mengatasi alergi yang terlanjur muncul. Pertama jelas segera jauhkan alergen dari ibu hamil. Keberadaan alergen akan jadi pemicu utama, dan wajib segera dienyahkan. Selanjutnya, minum obat sesuai rekomendasi dokter untuk meredakan gejala ini. Itu tadi sekilas tentang obat alergi untuk ibu hamil yang bisa disampaikan dalam artikel ini. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai obat kamu bisa langsung klik di sini dan melakukan tanya jawab ataupun membaca informasi penting lainnya. Salam sehat selalu!

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.