Bacaan Doa Akhir Ramadan Sesuai Sunah Rasulullah, Bisa Dapat Satu dari Dua Kebaikan

0

Berikut ini bacaan doa akhir Ramadan 1445 H/2024. Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1445 H jatuh pada Rabu, 10 April 2024, besok. Sesuai keputusan Muhammadiyah, maka Selasa (9/4/2024) hari ini, merupakan hari puasa Ramadan terakhir.

Sementara itu, Pemerintah melalui Kementerian Agama baru akan menetapkan kapan 1 Syawal 1445 H lewat sidang isbat yang digelar malam nanti. Memasuki akhir bulan suci, dianjurkan membaca doa akhir Ramadan sesuai sunah Rasulullah SAW. Menurut hadis yang diriwayatkan dariJabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa, kita bisa mendapatkan satu dari dua kebaikan dengan membaca doa akhir Ramadan.

Kebaikan pertama adalah diberi kesempatan untuk bertemu bulan Ramadan selanjutnya. Lalu, kebaikan kedua, yaitu diberi pengampulan oleh Allah SWT. Bacaan Doa dan Zikir Setelah Sholat Subuh Sesuai Ajaran Rasulullah

Bacaan Doa Memohon Kesembuhan Penyakit Sesuai Ajaran Rasulullah Muhammad SAW Dalil Hadits Sunah Rasulullah Keluar Masuk WC, Lengkap dengan Bacaan Doa yang Dianjurkan dan Adabnya Soal Ulangan Bahasa Sunda Kelas 3 SD Semester 2 Beserta dengan Kunci Jawaban, Soal Pilihan Ganda Sripoku.com

Bacaan Doa Mengantar Orang Berangkat Haji dalam Bahasa Arab dan Artinya, Sesuai Sunnah Rasulullah Arti Allahummaghfirli Ma Qaddamtu, Bacaan Doa Setelah Tasyahud Akhir yang Diajarkan Rasulullah SAW Amalan Bacaan Doa dari Rasulullah Saat Sujud Terakhir, Termasuk Waktu Mustajab

Bacaan Doa Sehari hari yang Diajarkan Rasulullah Berikut bunyi hadis yang diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah RA dari Muhammad al Mustafa: "Beliau (Rasulullah SAW) bersabda, siapa yang membaca doa ini pada hari terakhir Ramadan, ia akan mendapatkan salah satu dari dua kebaikan, di antaranya menjumpai Ramadan mendatang atau pengampunan dan rahmat Allah."

Artinya: "Ya Allah, janganlah Engkau jadikan bulan Ramadan ini Bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhir bagiku, maka jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai." Memasuki hari terakhir Ramadan, kita bisa melakukan amalan sedekah untuk menambah pahala.

Dikutip dari Baznaz, sedekah di akhir Ramadan bukan hanya sekedar memberikan bantuan materi kepada yang membutuhkan, tetapi juga menanamkan rasa kepedulian dan kasih sayang. Sesuai sabda Rasulullah SAW, sedekah merupakan salah satu amalan paling mulia. "Sesungguhnya sedekah itu dapat memadamkan dosa sebagaimana air memadamkan api."

Lalu, bagaimana caranya beramal di akhir Ramadan? Salah satunya adalah memberikan sumbangan kepada yayasan amal, organisasi kemanusiaan, atau mereka yang membutuhkan di lingkungan sekitar kita. Tak hanya itu, kita juga bisa berbagi makanan, pakaian, atau tenaga yang mereka butuhkan.

Mengisi akhir Ramadan dengan sedekah juga membawa berkah bagi diri kita sendiri. Ketika kita memberikan dengan ikhlas dan tulus, kita akan merasakan kebahagiaan dan kedamaian batin yang tidak tergantikan. Selain itu, sedekah juga membawa pahala yang besar di sisi Allah SWT, yang akan menjadi investasi terbaik bagi masa depan kita di akhirat.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.