Rentan Alami Bibir Kering dan Sariawan Saat Puasa, Ini Penjelasan Dokter

0

Selain masalah bau mulut, selama berpuasa sebagian orang rentan mengalami bibir kering hingga sariawan. Hal ini tentu menjadi tanda tanya, kenapa sariawan dan bibir kering sering ditemukan selama berpuasa. Terkait hal ini, Ketua Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI) Prof. drg. Suryono, S.H., M.M., Ph.D beri penjelasan.

Menurutnya ini disebabkan karena cairan yang terbatas masuk ke dalam tubuh kita selama berpuasa. "Jadi seperti kita ketahui masukan cairan ke tubuh kita kan sangat terbatas kalau puasa. Ini berakibat produksi dari pada air ludah jadi menurun,"ungkapnya pada acara “World Oral Health Day 2024” yang diselenggarakan Pepsodent Lanjutkan Kampanye “Senyum Sehat Indonesia” di Masjid Trans Studio Bandung, Rabu (20/3/2024). Akibatnya, air ludah lebih kental jika dibandingkan saat tidak berpuasa.

Rentan Alami Bibir Kering dan SariawanSaat Puasa, Ini Penjelasan Dokter Bibir Kering dan Sariawan Saat Puasa Ramadhan, Cek Penyebab dan Cara Mengatasinya Cara Mengobati Sariawan Saat Mulut Kering Karena Puasa

Cara Mengatasi Bibir Kering dan Pecah pecah saat Puasa Ramadhan, Jangan Malah Menjilat Bibir Sariawan Rentan Terjadi saat Puasa, Berikut Cara Mencegahnya Salah Satunya Jaga Kebersihan Mulut Bibir Kering dan Pecah pecah Saat Menjalankan Puasa? Begini Tips Mudah untuk Mengatasinya

Penyakit Ini Rentan Terjadi saat Puasa Ramadan dan Tips Mengatasinya Tips Mengatasi Sariawan saat Puasa Ramadan Selain itu, selama berpuasa seseorang tentu jarangn mengunyah. Penguyahan sendiri merupakan mekanisme pembersih alami gigi dan mulut.

"Kedua juga saat puasa kita tidak ada kemampuan membersihkan secara alami. Tidak ada penguyahan kan," jelasnya. Situasi ini lah yang menyebabkan penumpukan kuman sehingga berkembang menjadi cepat. "Dibanding kalau kita menguyah sesuatu sehingga ada pergerakan pembersihan secara alami," tutupnya.

Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.