UI UX: Pengertian, Komponen, Serta Manfaatnya dalam Bisnis

0

Bagi orang yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis digital, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah UI UX. Namun, bagi para pebisnis yang baru terjun di dunia bisnis digital atau sedang bertransformasi menuju teknologi digital tentu masih kurang familiar dengan istilah ini. Oleh sebab itu, penting untuk membaca artikel dibawah ini sampai tuntas.

Pengertian UI UX

UI atau User Interface adalah tampilan atau visual desain sebuah sistem, aplikasi, atau halaman web. UI termasuk jembatan penghubung yang membuat pengguna bisa berinteraksi dengan produk di dalam sistem, aplikasi, atau website. Oleh sebab itu, supaya bisa menarik dan meningkatkan kepuasan pengguna, tampilan UI harus menarik serta mudah digunakan.

Sementara UX atau User Experience adalah proses menciptakan suatu produk berdasarkan pengalaman pengguna. Dengan begitu, produk yang dihasilkan akan sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna. Pengalaman menyenangkan yang dialami oleh pengguna bisa menjadi indikator kenyamanan dan kemudahan ketika menggunakan produk ini.

Dari kedua pengertian ini, maka bisa disimpulkan bahwa UI merupakan bagian dari UX. Maka, untuk meningkatkan kepuasan pengguna, diperlukan kombinasi UI dan UX yang baik.

Komponen dalam UI UX

Untuk komponen yang menyusun UI UX yaitu sebagai berikut.

Informasi Arsitektur: Ini adalah struktur berisi informasi apa saja yang diperlukan dan akan ditampilkan kepada pengguna melalui desain aplikasi.

Interaksi Desain: Interaksi berupa cara menggeser atau menekan menu merupakan hal yang penting untuk mendukung desain karena bisa mencerminkan kebiasaan pengguna.

Fungsionalitas: Fungsionalitas atau usability adalah penilaian seberapa mudah suatu aplikasi akan digunakan. Hal ini penting untuk mengevaluasi desain serta melakukan perbaikan sesuai keinginan pengguna.

Prototype: Prototype adalah sebuah komponen penting untuk pembuatan layout sebelum dikembangkan menjadi software.

Desain Visual: Komponen yang harus ada pada UI UX yaitu desain visual berupa warna, font, style, dan lain sebagainya, hal ini supaya bisa memberi gambaran seperti apa tampilan aplikasi tersebut nantinya.

Manfaat UI UX dalam Bisnis

Dianggap menjadi salah satu kunci sukses sebuah produk, berikut manfaat UI UX dalam bisnis:

Menghasilkan produk sesuai kebutuhan pengguna

Membuat produk yang sesuai dengan kebutuhan pengguna, tentu saja akan mendatangkan peminat ke website atau aplikasi. Nah, dengan fokus pada UX, maka Anda bisa membuat produk dengan fitur yang sesuai kebutuhan pengguna.

Meningkatkan kepuasan pengguna

Tampilan website atau aplikasi yang buruk serta sulit dioperasikan, tentu saja tidak diminati oleh pengguna. Sebagian orang bisa memilih untuk meninggalkan website atau uninstall aplikasi tersebut. Sebaliknya, tampilan yang menarik serta mudah digunakan akan membuat pelanggan puas dan bertahan dengan website atau aplikasi tersebut.

Meningkatkan penjualan

Pelanggan yang puas dengan tampilan atau fitur pada website atau aplikasi, tentu akan bertahan dan kembali berkunjung. Selain itu, proses penyelesaian yang mudah saat menggunakan website atau aplikasi, hal ini akan menarik pengunjung untuk melakukan pembelian. Secara tidak langsung, kondisi ini bisa meningkatkan penjualan pada bisnis.

Setelah mengetahui lebih jauh mengenai UI UX, sangat disarankan untuk belajar UI UX di Hacktiv8. Hacktiv8 merupakan institusi yang mengadakan coding bootcamp pertama di Indonesia, ini tersedia untuk pemula yang ingin menjadi talenta digital terlatih, seperti UI/UX Designer, Programmer, Data Scientist, Digital Marketer, Golang Developer, serta Front End Developer. Disini, materi yang diberikan selalu diperbarui setiap empat minggu sekali, serta lulusannya akan dibantu mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

 

 

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.